NLP UNTUK SUKSES BISNISMU | NLP leadership Indonesia – bagian 2

NLP UNTUK SUKSES BISNISMU | NLP leadership Indonesia – bagian 2

Oleh coach Antonius Arif, LTNLP

Bagi yang belum baca artikel sebelumnya, wajib baca dulu ya. Di tulisan sebelumnya saya membahas bagaimana penggunaan teknik NLP dalam melakukan modeling orang yang excellent pada bidangnya dengan pendekatan Neuro Logical Level (NLL)

 

Nah sekarang kita kupas NLL bagian identitas. Apa sih identitas? Identitas adalah jati diri atau cermin diri ketika ¬†kita menjalankan profesi kita. Saya beri contoh: jika saya ditanya siapa coach Arif dalam konteks pebisnis maka saya jawab “saya adalah seorang yang diberkati Tuhan dan anak yang di favoritkan Tuhan sehingga saya menjadi jenius dalam mengembangkan bisnis apapun” maka dalam dunia nyata sangat tidak aneh bahwa dengan segala berkat yang Tuhan berikan bisa membuat saya mengembangkan bisnis sedemikan cepatnya dan multi dimensi. Tapi kalau identitas sebagai coach atau trainer? Sudah pasti berbeda lagi. Siapa seorang coach Antonius Arif? “Saya adalah seorang coach dan trainer yang diberikan berkat dari Tuhan mempunyai kemampuan untuk mendeteksi problem sebuah bisnis atau divisi sehingga diberi kemampuan untuk mencari solusi perbaikan secara permanen.” Maka tak aneh saya sering mudah sekali menemukan problem dan menemukan solusi serta membantu korporasi untuk tidak selalu bergantung dengan kami dan mereka bisa jalan sendiri.

 

Nah menarik kan identitas? Bagaimana cerita penerapan dalam bisnis yang kemaren kita kupas tentang perusahaan kursi pijat? Ternyata 5 orang terbaik dan 2 orang terlemah memang identitasnya berbeda. Yaitu yang lemah rata rata mereka “terpaksa” menjadi sales bukan karena kemauan sendiri tapi karena kondisi.

 

Maka dalam pelatihan saya menggunakan berbagai pendekatan untuk mengubah mindset yang jelas bukan terapi karena korporasi kadang suka merasa aneh jika ada karyawan di terapi. Hahaha

Posted in NLP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *