NLP for Life – Eye Bird View Problem

Semangat Pagi

 

Ada alumni saya yang cukup dekat dengan saya pernah bertanya, “kok coach Arif ketika mendapat tantangan atau masalah seakan2 ada saja jalan keluarnya. Kok bisa?”

 

Saya tercenung ketika mendengar pertanyaan tersebut, iya juga ya. Kok saya bisa selalu mendapat jawaban atau solusi. Walau solusinya belum tentu tepat ya.

nlp for life

Saya jadi ingat beberapa hal yang bisa menjadi bahan pemikiran saya ketika mendapat tantangan. Dan itu belief atau analogi yang selalu ada dipikiran saya. Sama seperti ikan yang ikannya sendiri tidak tahu apa itu air karena dia dalam air itu sendiri. Ini yang sering menjadi renungan saya ketika memecahkan masalah.

 

Ketika kita ada dalam masalah, maka kita didalam masalah tersebut. Maka wajar kita tidak bisa melihat dari sudut pandang lain dalam menyelesaikan masalah. Albert Einstein pernah mengatakan ,” anda tidak pernah bisa menyelesaikan masalah dilevel yang sama anda ciptakan. Anda harus menaikkan kemampuan anda dilevel berikutnya” hmmm ini yang akhirnya menjadi pemikiran saya setiap mendapat tantangan.

 

Dan ini yang saya sharingkan dikelas NLP Unleashed Genius within yang akan dibawakan besok hari sabtu tgl 4 Mei 2019 di Kemang. (Klik : http://bit.ly/NLPUnleashedGeniusWithin )

 

Tetapi buat anda yang belum PUTUSKAN hadir, saya akan kupas caranya

 

Siap belajar?

  1. Jangan terus memaksakan diri ketika ada problem dan terus memakai cara yang sama. Berhenti sejenak. Coba melihat masalah jangan secara detail problem. Ini yang kadang membuat anda terjebak dan seakan2 tdk ada jalan keluar.
  2. Benang kusut itu bentuknya sudah terbuntal menjadi satu, maka yang harus anda lakukan, mundur sejenak dan melihat secara keseluruhan dan cari dimana titik persoalan dimulai
  3. Jika sudah melihat persoalan secara menyeluruh, segera cari referensi dari ilmu yang anda miliki. Ini kalau saya adalah kembali ke go back to basic. Krn problem kadang bisa diselesaikan bukan dengan pikiran yang komplek tp kadang cara sederhana bisa membantu
  4. Jika tidak ada solusi dari anda, maka saatnya menggunakan pendekatan albert einstein, mencari ilmu dari orang yang tahu dan upgrade diri anda atau bertanya kepada teman anda yang lebih expert dibanding anda. Ingat, jangan mengeluh. Kalau mengeluh maka ini yang orang suka tidak mau dengar.

 

Yuk temukan cara yang PAS dan TEPAT maka hasilnya akan berbeda.

Antonius Arif

Posted in NLP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + eight =