salah persepsi

Kamu sering salah persepsi dengan perkataan orang lain?

Halo, semangat pagi semua! Gimana kabar teman-teman semuanya? Jangan lupa tetap taat prokes yaa teman-teman walaupun pandemic sudah mulai turun, kita semua harus menggunakan masker saat berpergian dan mencuci tangan. Banyak hal yang bisa terjadi sebuah konflik karena terjadinya salah persepsi ketika berbicara atau menyampaikan sesuatu dan juga efek yang menerimanya.

Kenapa bisa terjadi kesalahan persepsi?

Kesalahan persepsi bisa terjadi karena banyak faktor yaitu baik noise sekitar, alat komunikasi yang digunakan, pengalaman, kondisi orang yang menerimanya. Dan kadang masalah yang sepertinya sepele menjadi bisa besar karena kesalahan pemahaman atau diberi makna tertentu sehingga menjadi semakin banyak maknanya yang dipercaya sebagai sebuah kebenaran.

Ketika belajar NLP kita mempunyai cara bagaimana agar meminimalisir terjadinya pengaburan makna atau mencegah terjadinya perbedaan persepsi.

Cara yang paling mudah dan sederhana adalah dengan bertanya agar memahami situasi dan kondisi bagi yang menerimanya. Dan secara perjalanan ini memang tidaklah sesederhana itu karena bagi pengirim informasi juga mempunyai intensi tertentu ketika mau menyampaikan sebuah informasi.

Maka idealnya adalah memastikan saat mau menyampaikan sebuah informasi, lingkungan dan alat komunikasi yang digunakan juga memadai. Serta kemampuan bertanya dan mendengarkan juga menjadi alat yang berguna ketika untuk mengklarifikasikannya.

Dengan azas dan prinsip yang harus dipegang dalam NLP adalah pisahkan niat dari perilaku. Ketika mendengar informasi yang sepertinya tidak match dengan kamu harapkan, maka pasti ada yang kita tidak pahami dari niatnya.

Salah persepsi sering terjadi kepada siapa pun. Dengan belajar NLP kita bisa memahami apa pun yang terjadi dalam kehidupan kita. Dan akhirnya salah persepsi bisa teratasi dan tidak terjadi lagi. Untuk kamu yang mau tau banyak tentang info-info menarik di dalam ilmu NLP kamu boleh banget cek ig kami @sahabatnlp dan jangan lupa untuk simak selalu artikel- artikel yang kami berikan semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

 

Posted in NLP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × four =