Konflik Beda Persepsi

Di dalam NLP ada yang namanya prinsip dasar atau yang lebih dikenal dengan presupposition of NLP salah satunya yaitu “peta bukanlah area yang sebenarnya”. Berdasarkan prinsip dasar tersebut kita dapat mengumpamakan bahwa setiap orang memiliki alat untuk menyimpan peta atau untuk jaman sekarang adalah GPS. Otak manusia adalah alat untuk menyimpan peta atau GPS tersebut.

Pengalaman dan ilmu pengetahuan merupakan cara untuk mengupgrade peta tersebut. Belakangan ini banyak terjadi kesalahan paham yang disebabkan setiap orang memiliki peta yang berbeda sehingga mereka menggunakan persepsi masing – masing dan hal yang membuat rumit adalah ketika mereka tetap bertahan bahwa peta yang mereka miliki adalah yang paling benar.

Sebagai bahan pJika melihat ilustrasi di atas setiap orang ditutup matanya dan diminta untuk mencari tahu benda apa yang berada didepan mereka dan hasilnya adalah setiap orang mempunyai inteprestasi yang berbeda terhadap benda yang ada dihadapan mereka. Jadi kalau begitu siapa yang benar? Jawabannya adalah semua benar menurut peta yang mereka miliki masing – masing.

Bagi anda seorang pemimpin memiliki tugas untuk dapat memahami dan menghormati peta yang dimiliki oleh masing – masing karyawan dan mencari tahu perbedaannya serta kenapa hal tersebut berbeda agar dapat dijadikan dasar untuk pemecahan suatu permasalahan. Bahkan jika anda yang berprofesi sebagai seorang penjual sekalipun harus dapat memahami dan menghormati peta yang dimiliki oleh customer anda serta mencari tahu apa dan kenapa perbedaan itu sehingga anda dapat melakukan closing dengan cara yang tepat.

Posted in NLP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 11 =